iden

Regional
Typography

Puskesmas Karimun. (Foto; Tanjung / Delik POS)

DELIK POS ● KARIMUN - Enam puskesmas di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau ditingkatkan statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi.

Keenam puskesmas itu, yaitu Puskesmas Kecamatan Karimun, Tebing, Puskesmas Meral, Tanjungbatu, Tanjungberlian dan Puskesmas Kundur Barat, kata dia di Tanjung Balai Karimun, Selasa.
        
Untuk Puskesmas Karimun, Tebing dan Meral, menurut dia, sudah berstatus BLUD sejak 2016, sedangkan tiga puskesmas lainnya ditingkatkan statusnya awal tahun ini.
        
Rachmadi menjelaskan dengan peningkatan status menjadi BLUD, maka keenam puskesmas memiliki kewenangan untuk mengelola keuangan untuk biaya operasional.
        
"Dengan pengelolaan keuangan secara mandiri, maka keenam puskesmas itu tidak perlu menunggu anggaran dari APBD untuk biaya operasional," kata dia.
        
Dengan demikian, kata dia, pihak puskesmas kapan saja bisa menggunakan anggarannya untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat urgen, seperti pembelian obat-obatan, tanpa harus menunggu persetujuan dinas.
        
Rachmadi menambahkan peningkatan status menjadi BLUD diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.
        
"Kami yakin pelayanan akan lebih optimal, apalagi manajemen masing-masing puskesmas sudah mengikuti studi banding ke Sleman, Yogyakarta tentang tata kelola puskesmas dengan status BLUD," tuturnya.
        
Sedangkan untuk puskesmas di kecamatan lain, menurut dia, secara bertahap akan ditingkatkan statusnya menjadi BLUD, dan pada 2018 Puskesmas Moro akan kita prioritaskan untuk ditingkatkan statusnya menjadi BLUD. Demikian diberitakan Antara News.
        
Dia mengatakan peningkatan kualitas layanan kesehatan di setiap puskesmas terus dilakukan, bahkan sebagian besar sudah beroperasi 24 jam, seperti Puskesmas Karimun, Tanjungbatu, Tanjungberlian, Kundur Barat, Moro.
        
"Pelayanan 24 jam diberlakukan untuk Unit Gawat Darurat, dan rawat inap," tuturnya.

Apresiasikan Berita

Komentar

:
Google-adsense-logo-125.png

BULETIN POPULER