iden

Regional
Typography

DPRD Karimun

DELIK POS ● KARIMUN - Anggota DPRD Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Bakti Lubis mendorong pembangunan dua jembatan yang menghubungkan empat pulau di Kecamatan Moro.

"Kita dorong pembangunannya meski kondisi anggaran yang terbatas akibat defisit dalam APBD. Karena itu, anggaran pembangunannya harus diupayakan 'sharing' dengan provinsi, dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat," kata Bakti Lubis di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Bakti Lubis yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Karimun menjelaskan, dua jembatan tersebut, antara lain jembatan yang menghubungkan Pulau Keban dan Pulau Sugie, dan jembatan menghubungkan Pulau Citlim dan Pulau Combol.

Panjang kedua jembatan itu, menurut dia, masing-masing sekitar setengah dari panjang jembatan Pulau Pauh-Pulau Moro yang baru saja diresmikan pemakaiannya oleh Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun pekan lalu.

Legislator dari daerah pemilihan Moro-Durai itu mengatakan, pembangunan dua jembatan itu sejatinya sudah masuk dalam perencanaan pembangunan daerah, sehingga tidak ada alasan untuk direalisasikan.

Menurut dia, jembatan merupakan salah satu upaya untuk menghubungkan pulau-pulau selaras dengan Program Konektivitas Antarpulau yang dicanangkan pemerintah provinsi dan kabupaten.

"Saya sependapat dengan pernyataan Plt Gubernur Kepri bahwa tidak ada yang tidak bisa asalkan kita punya kemauan keras untuk mewujudkannnya," katanya.

Salah satu keberhasilan yang telah dibuktikan, menurut dia, adalah dengan telah selesai dan beroperasinya Jembatan Pauh-Moro yang murni menggunakan anggaran dalam APBD kabupaten, sekitar Rp22 miliar.

Jembatan Pauh-Moro sepanjang 480 meter itu, kata dia lagi yakni akan mendorong percepatan pembangunan ekonomi dan perdagangan di Kecamatan Moro.

"Jadi, tidak ada yang tidak mungkin asal kita bertekad untuk melaksanakan pembangunan jembatan itu. Kalau jembatan Combol-Citlim dan Sugie-Keban dibangun, saya yakin daerah ini secara bertahap akan terhubung melalui jalur, terutama di pulau-pulau utama," katanya. Demikian diberitakan Antara.

Selain dua jembatan itu, lanjut Ketua DPD Hanura Provinsi Kepri itu, kelanjutan pembangunan jalan lintas di Pulau Sugie juga menjadi prioritas pembangunan.

Jalan lintas di Pulau Sugie tahap awal, telah menelan anggaran sekitar Rp35 miliar, dan harus dilanjutkan sesuai perencanaan, ucap Bakti Lubis.

Apresiasikan Berita

Komentar

:
Google-adsense-logo-125.png

BULETIN POPULER